Sebuah kamera pinhole mengarah Tugu Libra di Merauke. Lokasi tersebut pilihan Haris F Furqoni sebagai wujud partisipasinya dalam acara rekam matahari 2023. Tugu Libra merupakan sebuah ikon di Merauke. 

Tugu tersebut sangat sarat makna mengenai integrasi kedaulatan masyarat marind. ada banyak angka sebagai penanda dalam tugu kokoh tersebut. Salah satunya adalah 1902. Angka tersebut menunjukan tahun 1902 sebagai penanda masyarakat marind berinteraksi dengan dunia luar. 

Pada bagian atas tugu terdapat tulisan “Izakod Bekai Izakod Kai” yang berarti Satu Hati Satu Tujuan. Bisa juga diartikan sebagai Merauke sebagai kesatuan nusantara dari sabang sampai merauke. Jika anda berkesempatan datang ke Merauke, jangan lupakan untuk mendatangi tempat ini dan mengamati lebih dekat nilai nilai yang terkandung dalam tugu ikonik tersebut.

Haris F Furqoni, tertarik mengikuti rekam matahari 2023 karena “ingin mencoba dan mengexplore tentang kamera Lubang Jarum dan Solargraphy. sebelumnya dia pernah baca tapi belum pernah praktek”. Ini adalah kesempatan yang baik untuk pembelajaran¬†

Sumber : Haris F Furqoni